Selasa, 03 Februari 2015

SKP

Video tutorial pengisian aplikasi SKP klik di sini
Download aplikasi SKP guru golongan  II klik di sini
Download aplikasi SKP guru golongan III klik di sini
Download aplikasi SKP guru golongan  IV  klik di sini
Download aplikasi SKP penjaga sekolah klik di sini
Download Perka BKN klik di sini
Sebelum mengisi SKP pelajari dahulu video tutorial pengisian SKP secara seksama.

Nilai DP3 diinput secara manual,sesuaikan dengan capaian nilai DP3 akhir . Naik apa turun dari tahun sebelum nya ( kontribusi  40 % )

Aplikasi PKG


Download aplikasi Penilaian Kinerja Guru klik di sini
Download aplikasi Penilaian Kinerja Kepala Sekolah klik di sini
Download aplikasi Penilaian Kinerja Wakil Kepala Sekolah klik di sini
Download aplikasi Penilaian Kinerja tenaga laboratorium/bengkel klik di sini
Download aplikasi Penilaian Kinerja kepala perpustakaan klik di sini

inat ingat


Download silabus kelas 4 SD ( sumber sekolah dasar net )  klik di sini 
Download contoh jadwal pelajaran tematik SD kelas 4 untuk satu tahun klik di sini
Download Daftar nilai kurikulum 2013  unduh di sini
Download Instrumen penilaian kurikulum 201 3 klik di sini
Download pedoman penilaian kelas klik di sini
Download contoh RPP kurikulum 2013  klik di sini
Download petunjuk penyusunan RPP kurikulum 2013 klik di sini
Download contoh silabus kelas 1 kurikulum 2013 klik di sini
Download buku siswa kelas 4 kurikulum 2013  klik di sini
Download buku pegangan guru kelas 4 kurikulum 2013 klik di sini
Download rambu-rambu UH,UTS,dan UAS   kurikulum 2013 klik di sini
Download contoh format buku raport SD kurikulum 2013 klik di sini
Download langkah-langkah pendekatan saintifik klik di sini
Download kata kerja operasional dalam penyusunan RPP klik di sini
Download contoh jadwal pelajaran tematik SD klik di sini
Download contoh  prota dan prosem tematik SD klik di sini
Download contoh RPP kelas satu  SD klik di sini
Download contoh RPP kelas 4 SD klik di sini
Download buku guru buku siswa kelas 5 SD klik di sini
Download rekap daftar nilai semester 1 kurikulum 2013 aspek sikap,pengetahuan,dan keterampilan klik di sini

Download RPP Silabus kelas 5 kurikulum 2013 klik di sini

Jumat, 10 Oktober 2014

PELATIHAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS TIK BAGI GURU

Kepada para peserta pelatihan pembelajaran TIK . harap mempersiapkan diri pelatihan yang dimajukan pada hari Selasa 14-15 Oktober 2014, bertempat di SMAN 2 KS. jam 08. 00
pakaian selama Pelatihan Batik PGRI dengan membawa
1. Lap top
2. Modem
3. Flasdisk
4. atau lain yang memndukung pelatihan TIK

Kamis, 05 Juni 2014

KOMPETENSI PEDAGOGIK

            Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan yang berkaitan dengan pemahaman peserta didik dan pengelola pembelajaran yang mendidik dan dialogis. Secara substansi, kompetensi ini mencakup kemampuan pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Secara rinci jabaran dari kompetensi ini terdapat pada Tabel 1.

Tabel 1. Sub-Kompetensi dan Indikator Esensial Kompetensi Pedagogik
Subkompetensi
Indikator Esensial
1. Memahami peserta didik
a. Memahami peserta didik dengan memanfaatkan prinsip-prinsip perkembangan kognitif.
b. Memahami peserta didik dengan memanfaatkan prinsip-prinsip kepribadian.
c.  Mengidentifikasi bekal-ajar awal peserta didik.
2. Merancang  pem-belajaran.
a. Menerapkan teori belajar dan pembelajaran.
b. Menentukan strategi pembelajaran berdasarkan karakteris-tik peserta didik, kompetensi yang ingin dicapai dan materi ajar.
c. Menyusun rancangan pembelajaran yang berdasarkan strategi yang telah dipilih. 
3. Melaksanakan pem belajaran.
a. Menata latar (setting) pembelajaran.
b. Melaksanakan pembelajaran yang kondusif.
4. Penilaian hasil be-lajar.
a. Melaksanakan penilaian (asesmen) proses dan hasil bela-jar secara berkesinambungan dengan berbagai metode.
b. Menganalisis hasil penilaian proses dan hasil belajar untuk menentukan tingkat ketuntasan belajar (mastery level).
c. Menggunakan informasi ketuntasan belajar untuk meran-cang program remedi atau pengayaan (enrichment).
d. Memanfaatkan hasil penilaian pembelajaran untuk perbaik-an kualitas program pembelajaran secara umum.
5. Pengembangan pe serta didik.
a. Memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan berba-gai potensi akademik.
b. Memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan berba-gai potensi non akademik.

Menurut Amy J. Phelps & Cherin Lee (2003), seorang guru perlu selalu mengakses prekonsepsi tentang pembelajaran yang dilakukan oleh guru-guru masa depan dan mengenali aturan mainnya. Hal ini disebabkan semakin majunya IPTEK berdampak pula pada kemajuan masyarakat, sehingga tuntutan masyarakat terhadap pelayanan pendidikan yang lebih baik semakin mendesak. Lebih lanjut dikemukakan bahwa seorang guru selain dituntut menguasai materi pelajaran dengan baik, juga harus mampu mengkomunikasikan materi kepada peserta didik dengan cara dan strategi yang baik, sehingga mudah ditangkap dan dikuasai materi tersebut.
Guru yang memiliki kompetensi pedagogik yang baik akan mampu memahami apa yang dibutuhkan dan diinginkan peserta didik dalam proses pembelajaran. Ia mengetahui seluas dan sedalam apa materi yang akan diberikan pada peserta didiknya sesuai dengan perkembangan kognitifnya. Mereka memiliki pengetahuan, tetapi mengetahui juga bagaimana cara menyampaikan kepada peserta didiknya. Selain itu, ia memiliki banyak variasi mengajar dan menghargai masukan dari peserta didik  (Jean Rudduck & Julia Flutter, 2004 : 78).