Minggu, 02 Februari 2014

Cara Cepat dan Mudah Belajar Matematika Berhitung Jari

·         Cara Cepatdan Mudah Belajar Matematika Berhitung Jari – Metode atau jurus rahasia berhitung perkalian, pembagian, dan penjumlahan yang praktis untuk anak ketika belajar matematika dengan hitungan jari. Semua teknik belajar ini mudah dipelajari dan sangat simple.Wallpaper Matematika Teknik penerapan belajar matematika dengan mudah menggunakan hitungan jari ada beberapacara yang akan saya sebut dengan beberapa inisial seperti Jurus 1 Jari Ajaib, Jurus 2 Jari Ajaib,dan Jurus 3 Jari Ajaib seperti inilah teknik penerapannya :
·         Jurus 1 Jari Ajaib Untuk perkalian 9 ( 1×9 sampai 10×9 ):
1. Buka ke dua tangan anda, mulai dari jari kelingking kiri adalah
   1 hingga jari kelingking kanan adalah 10.
2. Misalnya kita ingin menghitung 3×9; maka lipat jari nomor 3 dari  
   kiri (jari tengah tangan kiri)3. Jari no 3. Ini yang kita lipat,   
   berfungsi sebagai pemisah antara puluhan dan satuan. Dari jari 
   tangan yang kita peragakan tersebut artinya di sebelah kiri jari
   yang dilipat ada 2 jari, yang mewakili angka 20. Sedangkan di
   sebelah kanan jari yang dilipat ada tujuh jari, mewakili angka7.
   Berarti 2 puluhan dan 7 satuan, sama dengan 27. Jadi 3×9 = 27
3. Cobalah dengan contoh lain misalnya 6×9 atau 9×9, ingat
         dihitungnya dari jari kelingkingtangan kiri ya …

·         Jurus 2 Jari AjaibUntuk perkalian 5 ( 1×5 sampai 10×5 )
   1. Buka ke dua tangan anda, mulai dari jari kelingking kiri adalah 1
      hingga jari kelingking kanana dalah 10.
   2. Buat irama atau lagu untuk anak. Katakan 5, 10, 15,20, 25, 30, 35,
      40, 45, 50. Prinsipnyaadalah melompat bilangan 5.
   3. Sekarang minta anak dengan menunjuk jari kelingking kiri (jari no.
      1) sambil berkata 5.Tunjuk jari no. 2 dengan berkata 10. Tunjuk jari
      no.3 dengan berkata 15 dan seterusnya sampaijari ke 10 dengan
      berkata 50.
  4. Bila sudah hafal dengan jari dan iramanya, coba test anak dengan
     menunjuk jari no. 6misalnya, maka dia otomatis akan menjawab 30.
l  Jurus 3 Jari Ajaib Untuk perkalian 6, 7 dan 8
1. Gunakan semua jari tangan kanan dan kiri. Mulai jempol kiri mewakili
       Angka 6 sampai kelingking kiri mewakili 10. Demikian pula jari tangan
       kanan, mulai jempol kanan mewakili 6 sampai kelingking kanan mewakili
       Angka 10.
2. Misalnya kita ingin mendapatkan hasil dari perkalian 6×7, maka lipat
      jempol kiri untuk mewakili 6, dan lipat jempol dan telunjuk kanan untuk
      mewakili 7.

      3. Perhatikan jari yang dilipat. Setiap jari yang dilipat mewakili angka
      10. Pada contoh yang kita gunakan ada 3 jari yang dilipat berarti 30.
4. Selanjutnya hitung jari yang tidak dilipat. Jari di kiri ada 4,
      sedangkan jari di kanan ada 3.Kalikan kedua angka tersebut yaitu 4×3
      = 12
5. Terakhir menjumlahkan angka 30 + 12 = 42
6. Lakukan lagi latihan dengan contoh lain misalnya 7×8 atau 6×5 dan
seterusnyaJika sudah memahami semua teknik “Cara Cepat dan Mudah
Belajar Matematika BerhitungJari” di atas, sudah bisa dipastikan
anak anda akan lebih jago matematika terutama untuk ilmuhitung
menhitung.

Kenaikan Pangkat/Jabatan Bagi Guru

Formatnya bisa klk disini
 Perhatian untuk para guru dan kepala sekolah, saat ini sudah ada aturan baru untuk kenaikan pangkat guru (termasuk kepala sekolah), yaitu Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan reformasi Birokrasi (PermenPANRB) No. 16 Tahun 2009 Tanggal 10 Nopember 2009. Aturan ini akan mulai diimplementasikan mulai 1 Januari 2013. Yang berbeda dari sebelumnya adalah:

1. Kenaikan pangkat dari III/a ke III/b wajib melaksanakan kegiatan pengembangan diri (pelatihan dan kegiatan kolektif guru) yang besarnya 3 angka kredit.

2. Kenaikan pangkat dari III/b ke III/c wajib melaksanakan kegiatan pengembangan diri (pelatihan dan kegiatan kolektif guru) yang besarnya 3 angka kredit dan publikasi ilmiah/karya inovatif (karya tulis ilmiah, membuat alat peraga, alat pelajaran, karya teknologi/seni) dengan 4 angka kredit.

3. Kenaikan pangkat dari III/c ke III/d wajib melaksanakan kegiatan pengembangan diri (pelatihan dan kegiatan kolektif guru) yang besarnya 3 angka kredit dan publikasi ilmiah/karya inovatif (karya tulis ilmiah, membuat alat peraga, alat pelajaran, karya teknologi/seni) dengan 6 angka kredit.

4. Kenaikan pangkat dari III/d ke IV/a wajib melaksanakan kegiatan pengembangan diri (pelatihan dan kegiatan kolektif guru) yang besarnya 4 angka kredit dan publikasi ilmiah/karya inovatif (karya tulis ilmiah, membuat alat peraga, alat pelajaran, karya teknologi/seni) dengan 8 angka kredit.

5. Kenaikan pangkat dari IV/a ke IV/b wajib melaksanakan kegiatan pengembangan diri (pelatihan dan kegiatan kolektif guru) yang besarnya 4 angka kredit dan publikasi ilmiah/karya inovatif (karya tulis ilmiah, membuat alat peraga, alat pelajaran, karya teknologi/seni) dengan 12 angka kredit.

6. Kenaikan pangkat dari IV/b ke IV/c wajib melaksanakan kegiatan pengembangan diri (pelatihan dan kegiatan kolektif guru) yang besarnya 4 angka kredit dan publikasi ilmiah/karya inovatif (karya tulis ilmiah, membuat alat peraga, alat pelajaran, karya teknologi/seni) dengan 12 angka kredit (dan harus presentasi di depan tim penilai).

7. Kenaikan pangkat dari IV/c ke IV/d wajib melaksanakan kegiatan pengembangan diri (pelatihan dan kegiatan kolektif guru) yang besarnya 5 angka kredit dan publikasi ilmiah/karya inovatif (karya tulis ilmiah dengan 14 angka kredit.

8. Kenaikan pangkat dari IV/d ke IV/e wajib melaksanakan kegiatan pengembangan diri (pelatihan dan kegiatan kolektif guru) yang besarnya 5 angka kredit dan publikasi ilmiah/karya inovatif (karya tulis ilmiah, membuat alat peraga, alat pelajaran, karya teknologi/seni) dengan 20 angka kredit.

Juga nanti angka kredit dari unsur Pembelajaran/Pembimbingan akan dinilai dengan Instrumen Penilaian Kinerja Guru.Untuk jelasnya nanti tunggu aja sosialisasi dari Ditjen PMPTK atau Biro Kepegawaian

Prosedur Kenaikan Pangkat Guru IVa Ke Atas

Prosedur pengusulan dokumen untuk ditentukan hasil penilaiannya adalah sebagai berikut:

1. Susunlah dokumen sesuai ketentuan Daftar Usulan Penetapan Angka Kredit (PUPAK).

2. Lengkapi dokumen dengan lampiran yang mendukung.

3. Periksakan pada guru senior atau kepala sekolah yang memahami tata cara pengusulan.

4. Mintakan surat pengantar kepada kepala sekolah atas usulan penilaian tersebut (sebelumnya jangan lupa karya tulis ilmiah dan karya lain disyahkan dulu dengan tandatangan kepala sekolah).

5. Apabila dikirim secara kelompok antar sekolah, maka mintakan surat pengantar dari Kepala Dinas Pendidikan.

6. Kirimkan dokumen tersebut ke Biro Kepegawaian Depdiknas d/a Komplek Depdiknas Gedung C Lantai 5. Jalan Jendral Sudirman, Senayan, Jakarta.

Perhatian :

KARYA TULIS ILMIAH TIDAK WAJIB DITANDATANGANI OLEH PEMBIMBING, JADI JUGA TIDAK WAJIB ADA PEMBIMBING. Tetapi kalau memerlukan pembimbing ya boleh-boleh saja tetapi tidak perlu dituliskan dalam laporan KTI.

Prof. Dr. Almasdi Syahza, SE., MP (AnggotatTim penilai pusat kenaikan pangkat guru)
Copy dari Mak Dang