Softwate presentasi adalah suatu aplikasi yang digunakan untuk
membuat file presentasi. File presentasi yang dibuat seseorang, berisi
informasi (berupa teks, tabel, gambar, grafik, diagram, dan sebagainya) yang
diperlihatkan atau dipresentasikan kepada banyak orang. Oleh karena itu, file
presentasi harus dibuat semenarik mungkin sehingga orang yang melihat
presentasi akan merasa puas dengan presentasi yang disampaikan. Untuk membuat
file presentasi yang menarik, sekarang banyak tersedia software presentasi
modern yang dapat membuat file presentasi dengan efek animasi dan audiovisual.
Software presentasi yang sudah ada sekarang ini antara lain : Microsoft Office
PowerPoint pada Windows, OpenOffice Impress pada Linux, dan sebagainya.
Software presentasi yang banyak digunakan oleh pengguna adalah Microsoft
PowerPoint yang berjalan pada sistem operasi windows. Dengan PowerPoint, kita
bisa membuat presentasi yang berisi teks, tabel, gambar, clip art, audio,
video, dan objek-objek lain termasuk animasi. Di dalam pokok bahasan materi
ini, kita akan membahas cara pengoperasian dan penggunaan Microsoft Office
PowerPoint 2007. Dimana dalam perkembangannya software ini telah mengalami
tahap perkembangan yang cukup baik dengan penyempurnaan pada fitur dan fungsi
dari program itu sendiri. Sampai dengan saat ini Microsoft Office yang di
dalamnya antara lain Microsoft Word, Excell, PowerPoint, Access, Publisher, dan
lainnya sudah berkembang dan terakhir adalah Microsoft Office 2010. MICROSOFT
OFFICE POWERPOINT 2007
1. Mengaktifkan software presentasi
Ada beberapa
langkah dalam memulai mengoperasikan Microsoft Office PowerPoint 2007, tetapi
pada dasarnya semua sama. Cara yang paling umum adalah sebagai berikut :
Klik Start à All Programs à Microsoft
Office à Microsoft Office PowerPoint 2007
Atau bisa juga dengan klik ganda pada ikon yang terdapat pada dekstop.
Setelah Anda
mengikuti langkah-langkah tersebut maka akan tampil lembar kerja Microsoft
PowerPoint
2. Menutup Software Presentasi
Ada beberapa cara
menutup software Microsoft PowerPoint yaitu:
Klik tombol Office à Exit PowerPoint.
Atau bisa juga dengan mengklik ikon di sudut kanan
atas jendela kerja PowerPoint.
Jika file itu
belum tersimpan, setelah kamu memilih Exit akan muncul kotak dialog yang berisi
pertanyaan “apakah kamu ingin menyimpan presentasi yang baru dibuat?”klik Yes
untuk menyimpan dan mengakhiri PowerPoint, klik No untuk mengakhiri
PowerPoint tanpa menyimpan file, dan klik Cancel untuk membatalkan
perintah Exit.
B. MENGOPERASIKAN MICROSOFT POWERPOINT 2007
Bila kita lihat
tampilan aplikasi Microsoft PowerPoint 2007 maka akan terlihat perubahan yang
total dari segi penampilan program ini dibandingkan Microsoft PowerPoint versi
sebelumnya, namun pada dasarnya fungsi dan penggunaan program tetap sama. Untuk
lebih mengenal program ini perhatikan gambar 1.4.
1. Membuat, Menyimpan, dan Membuka File Presentasi di
PowerPoint 2007
a. Membuat File Presentasi
Ketika
menjalankan aplikasi Microsoft Office PowerPoint 2007, secara otomatis akan
diberikan sebuah slide kosong. Dengan slide tersebut kita bisa memulai membuat
suatu file presentasi. Untuk memulai membuat file baru, kita dapat mengetikkan
judul presentasi pada kotak Click to add title. Demikian juga untuk
mengetikkan subjudul presentasi pada kotak Click to add subtitle.
b. Menyimpan
File Presentasi
Setelah pembuatan
slide selesai, langkah berikutnya adalah menyimpan file tersebut. Untuk
menyimpannya tekan tombol Ctrl+S atau dengan mengklik ikon yang terdapat
pada bagian Quick Access Toolbars. Bisa juga dengan mengklik tombol office lalu
klik submenu Save atau Save As. Setelah kamu melakukan salah satu
perintah tersebut, maka akan tampil jendela Save As sebagai berikut.selanjutnya kamu
lakukan langkah-langkah sebagai berikut :
a) Tentukan lokasi tempat menyimpan file, melalui kotak Save
in:.
b) Tuliskan nama file pada kotak isian File name:.
c) Klik Save untuk memulai proses penyimpanan.
Kita dapat
menyimpan file dengan berbagai macam pilihan. Untuk tipe asli, file akan
disimpan dengan ekstensi .pptx (pada PowerPoint 2007). Pilihan tipe lain
tergantung dari kebutuhan kita terhadap file tersebut. Misalnya kita ingin
membuat sebuah halaman web, maka bisa dipilih tipe file web page dengan
ekstensi .html. Atau jika kita menyimpan file dalam bentuk PowerPoint
Show (dalam hal ini isi file tidak dapat diedit), kita bisa memilih tipe file
PowerPoint Show dengan ekstensi .ppsx.
c. Membuka File Microsoft Office PowerPoint 2007
Pengertian
membuka file di sini adalah kita sudah mempunyai suatu file, bisa di dalam harddisk,
flashdisk, disket, CD atau media penyimpan yang lain, kemudian kita buka file
tersebut. Untuk membuka suatu file dalam Microsoft PowerPoint, dapat dilakukan
dengan beberapa cara, yaitu dengan menekan tombol Ctrl+O atau dengan
mengklik ikon . Cara yang paling umum adalah dengan mengklik tombol office lalu
klik submenu Open. Segera tampil jendela Open seperti pada gambar 1.7.
Selanjutnya pilih file yang diinginkan lalu klik Open.
C. MELAKUKAN EDITING PADA MICROSOFT OFFICE POWERPOINT
2007
Editing merupakan
bagian terpenting dalam membuat presentasi karena dengan melakukan editing kita
dapat membuat presentasi menjadi menarik untuk dilihat. Berikut beberapa
editing sederhana yang harus diketahui.
1. Editing Font (Huruf)
Untuk melakukan
perubahan huruf pada PowerPoint dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
Blok kata/kalimat atau klik area textbox yang akan
diubah,
Klik tombol dialog Font yang terdapat pada tab
menu Home, hingga muncul dialog
Kotak Latin
text font : untuk memilih jenis huruf. Kotak Font Style : untuk
memilih tampilan huruf (biasa, tebal, miring, miring dan tebal). Kotak Size :
untuk menentukan ukuran besar huruf.
Kotak Font
Color : untuk memilih warna huruf. Misalkan kita pilih jenis huruf Bernard
MT Condensed, tampilan huruf Regular, besar huruf 54 point, dan warna huruf
merah (red). Diperoleh tampilan berikut.
2. Mengatur Alignment (Perataan text)
Untuk pengaturan
tulisan dapat dilakukan dengan menggunakan fasilitas toolbars yang terdapat
pada ribons tab menu Home à grup paragraph,
Atau dapat
menggukan tombol kombinasi di keyboard seperti : Align left (Ctrl+L) memberikan
efek tulisan rata kiri
3. Bullets and Numbering
Bullets and
Numbering berfungsi
untuk memberikan penomoran pada suatu teks atau naskah, baik itu penomoran
dengan angka, huruf maupun dengan simbol. Cara untuk membuat bulleted list dari
textbox adalah dengan mengklik tab menu Home à pada
ribbon di grup Paragraph pilih Bullets atau Numbering, atau
mengklik kanan pada area textbox kemudian pilih Bullets atau
Numbering, sehingga muncul dialog
Pilih jenis bullets
dan numbering yang akan kamu gunakan. Berikut ini adalah contoh
penggunaan bullets and numbering.
4. Header and Footer dan Page Numbering
Header dan Footer berfungsi untuk
memberikan informasi pada slide presentasi, pada semua halaman atau
sebagian presentasi. Page numbering berfungsi untuk memberikan halaman
pada slide secara otomatis. Perintah yang digunakan adalah sebagian
berikut. Pada tab menu pilih Insert à kemudian di ribbon pilih Header &
Footer yang terdapat pada grup text. Sehingga akan muncul jendela
Berikan tanda check list pada date and time untuk
menampilkan tanggal. Pilih Update automatically jika tanggal yang
diinginkan otomatis atau pilih Fixed jika tanggal yang akan ditampilkan
tetap.
Berikan tanda check list pada Slide number untuk
memberikan nomor halaman pada slide presentasi.
Berikan tanda check list pada Footer dan
masukkan tulisan yang akan dijadikan sebagai catatan kaki.
Jika sudah selesai klik Apply untuk pengaturan
pada suatu halaman dan klik Apply to All untuk pengaturan pada setiap
halaman.
5. Menambah Slide
Untuk melengkapi slide
presentasi, kita dapat menambahkan beberapa halaman slide berikutnya
dengan cara sebagai berikut :
Klik tab menu Home.
Pada ribbons yang ada klik New Slide (),
kemudian isi sesuai dengan bahan yang akan dipresentasikan seperti terlihat
pada gambar 1.18.
6. Memasukkan Gambar
Untuk membuat
presentasi yang kita buat menjadi lebih menarik, salah satu caranya adalah
dengan memasukkan objek berupa gambar ke dalam presentasi kamu. Cara memasukkan
gambar adalah sebagai berikut :
Jika ingin memasukkan Clip Art (gambar
yang sudah tersedia pada PowerPoint), caranya adalah klik tab menu Insert à pada
ribbons yang muncul klik Clip Art.
Setelah muncul
jendela Clip Art, kita bisa memilih clip art yang sesuai dengan
kebutuhan. Untuk memasukkan gambar, klik pada gambar yang ingin dimasukkan.
Jika ingin memasukkan gambar dari sebuah file, misalnya
saja ingin memasukkan sebuah foto, maka langkah yang tepat adalah klik tab menu
Insert à pilih Picture pada ribbons maka akan muncul.
Setelah jendela Insert
Picture muncul kita bisa memulai memilih gambar. Jika sudah dipilih, klik Insert
untuk memasukkan gambar.
7. Memasukkan Textbox, Diagram, dan Movie
a. Memasukkan Textbox
Jika ingin
memasukkan teks pada suatu slide, namun tidak bisa menuliskan teks tersebut
pada area yang diinginkan, maka kita harus memasukkan textbox dan
menuliskan teks tersebut pada textbox yang kita masukkan. Kita dapat
menggeser textbox ke area yang diinginkan. Berikut adalah langkah memasukkan
textbox.
Klik tab menu Insert à kemudian
pada ribbons pilih Text Box
Kemudian lakukan drag and drop mouse pada daerah
yang ingin diberi teks.
Setelah itu kita dapat memasukkan teks pada textbox yang
baru dimasukkan.
Kita dapat menggeser-geser textbox sesuai dengan
keinginan kita.
b. Memasukkan Diagram/Grafik
Pada PowerPoint
kita juga bisa memasukkan objek berupa diagram atau grafik (chart).
Langkah-langkah memasukkan objek adalah sebagai berikut :
Klik tab menu Insert à lalu pada
ribbons klik Chart. Kemudian pada layar akan muncul tampilan
untuk memilih type grafik
Setelah
menentukan type grafik yang dipakai maka selanjutnya adalah memasukkan data
untuk proses pembuatan grafik seperti contoh berikut.
Setelah data dimasukkan maka terlihat bahwa diagram
akan berubah sesuai data yang dimasukkan. Jika sudah selesai mengubah data,
klik tanda silang () yang terletak di sudut kanan atas untuk keluar dari
tampilan di atas.
c. Memasukkan Movie dan Sound
Selain memasukkan
objek diam seperti grafik atau diagram, PowerPoint juga dapat memasukkan objek
bergerak berupa movie dan dapat pula memasukkan objek berupa suara. Hal ini
bertujuan
untuk membuat
presentasi lebih menarik, modern, dan tidak membosankan. Berikut adalah
langkah-langkah memasukkan movie.
Klik tab menu Insert à lalu pada
ribbons pilih untuk memasukkan video à Movie From File …
Kemudian muncul
tampilan Insert Movie, cari file video yang akan dimasukkan lalu klik Open.
Pada layar akan
muncul kotak dialog “How do you want the movie to start in the slide show?”.
Pilih Automatically bila ingin video akan otomatis dijalankan ketika
masuk ke slide bersangkutan, atau When Clicked apabila video ingin
dijalankan ketika di klik diarea video di slide tersebut.
Movie yang dimasukkan seperti gambar diam
saja. Tetapi kalau sudah menjalankan presentasi dengan menggunakan slide
show, efek movie-nya akan terlihat. Movie akan berjalan
seperti kita menonton film. Sedangkan untuk memasukkan sound/suara
kedalam slide presentasi cara yang dilakukan hampir sama dengan memasukkan
video. Berikut langkah-langkahnya :
Klik tab menu Insert à lalu pada
ribbons pilih untuk memasukkan suara à Sound From File …
Kemudian muncul jendela Insert Sound, cari file
suara yang akan dimasukkan lalu klik Open.
Pada layar akan muncul kotak dialog “How do you want
the sound to start in the slide show?”. Pilih Automatically bila
ingin sound akan otomatis dijalankan ketika masuk ke slide bersangkutan, atau When
Clicked apabila sound ingin dijalankan ketika di klik pada gambar di slide
tersebut.
Hasilnya akan terdengar suara seperti yang dipilih bila slide
show dijalankan.
8. Membuat SmartArt
SmartArt adalah fasilitas Microsoft Office
PowerPoint untuk membuat dan memformat berbagai bentuk diagram. Berikut
langkah-langkah membuatnya :
Klik tab Insert. Tampak grup perintah tab
Insert.
Kliklah SmartArt. Muncul kotak Choose a
SmartArt Graphic.
Pilih dan kliklah kategori diagram pada panel sebelah
kiri, misal Relationship.
Pilih dan kliklah jenis relationship pada panel
bagian
tengah, misal Converging Radial.
Kliklah tombol perintah OK. Muncul diagram Converging
Radial di dalam slide.
Ketikkan teks untuk setiap shape pada kotak Type
Tour text here. Gunakan mouse untuk pindah ke shape berikutnya.
Setelah pengetikan selesai, arahkan pointer ke luar
kotak diagram dan klik tombol mouse (untuk menghilangkan kotak Type Tour
text here.
9. Membuat Tabel
Yang dimaksud
dengan tabel pada PowerPoint adalah table yang sangat sederhana, artinya di
dalam tabel tersebut kita tidak bisa membuat rumus dan fungsi seperti dalam
Microsoft Excel. Pada slide presentasi memungkinkan kita memasukkan
tabel. Perintahnya dari tab menu Insert à lalu pilih . Isilah jumlah kolom
dan jumlah baris sesuai dengan tabel yang akan dibuat. Kemudian klik OK.
Selanjutnya, kita
dapat memasukkan data pada tabel tersebut.
10. Mengatur Background
Background adalah warna atau gambar yang digunakan
untuk latar belakang suatu slide. Langkah-langkah mengatur latar
belakang slide adalah sebagai berikut :
Klik tab menu Design à à lalu
pilih , sehingga muncul gambar seperti berikut.
Pilih background yang dikehendaki melalui pilihan di
kotak Fill (solid fill, Gradient fill, Picture or texture fill)
atau Color: untuk pilihan warna yang lebih variatif.
Setelah selesai
memilih background, klik Apply to All jika ingin background tersebut
ada di setiap slide atau klik Close jika ingin agar background
tersebut ada di slide tertentu yang dipilih saja.
11. Hyperlink
Hyperlink digunakan untuk mengaitkan antara slide
yang satu dengan slide yang lain. Hyperlink memudahkan kita apabila sedang
presentasi dimana sudah menerangkan beberapa materi dan ada peserta menanyakan
materi yang sudah dijelaskan sebelumnya. Dengan adanya hyperlink, kita langsung
dapat menuju ke slide yang sudah dilewati. Adapun langkah-langkah membuat
hyperlink antar slide presentasi sebagai berikut :
Kliklah pada text box atau blok teks yang akan
dijadikan sumber link.
Kliklah tab Insert, akan muncul grup perintah
tab Insert.
Pilih dan kliklah Hyperlink, akan muncul kotak dialog Insert
Hyperlink.
Pada bagian Link to:, pilih Place in This
Document untuk membuat link antar slide yang masih dalam satu file
presentasi.
Pada bagaian Select a place in this document:,
pilih slide yang akan menjadi tujuan link.
Klik OK.
D. MEMBERIKAN EFEK PADA SLIDE
1. Pengaturan Slide
Pada PowerPoint
terdapat dua jenis pengaturan slide, yaitu slide layout dan slide
design.
a. Slide Layout
Memilih Slide Layout
Slide layout adalah bentuk slide tempat membuat
penataan teks atau objek. Berikut langkah-langkah memilih slide layout :
Klik icon New Slide pada tab Home. Muncul
pilihan Slide layout.
Pilih dan klik slide layout, misal Title and Content.
Mengganti
Slide Layout Berikut
langkah-langkahnya :
Klik slide yang akan diganti layout-nya pada bagian
panel sebelah kiri.
Klik perintah Layout pada tab Home.
Muncul pilihan slide layout (gambar 1.44).
Pilih dan klik layout pengganti atau layout baru.
b. Slide Design
Slide Design adalah desain warna atau gambar
yang menjadi latar belakang slide. Berikut langkah-langkah memilih slide
design :
Bukalah Presentation Microsoft PowerPoint.
Klik tab Design. Tampak grup perintah tab
Design.
Gambar 1.47
Grup perintah Tab Design
Klik tombol panah (6) Themes. Muncul pilihan Slide
Design.
Gambar 1.48
Pilihan slide design
Pilih dan klik Slide Design, misal Flow.
2. Pengaturan Transisi Slide (Slide Transition)
Transisi Slide
adalah efek gerak atau
efek suara pada saat slide ditampilkan. Berikut langkah-langkah memilih
Transisi Slide :
Pastikan anda berada pada slide yang akan diatur
transisinya.
Klik tab menu Animations. Tampak grup perintah
tab animations.
Klik tombol panah (6) kotak Transition to This Slide sehingga
muncul pilihan transisi slide.
Pilih dan klik transisi slide, misal Box in, Push
Up.
Klik tombol panah (6) kotak daftar pilihan Transition
Sound. Muncul daftar pilihan Transition Sound. Lihat gambar berikut:
Gambar 1.49 Jendela slide transition
ï
Pilih dan klik transition
sound, misal Chime.
ï
Klik tombol panah (6) kotak
daftar pilihan Transition Speed. Muncul daftar pilihan Transition
Speed.
ï
Pilih daan klik transisi
speed berikut :
ï
Klik kotak isian On mouse
click pada bagian Advance Slide jika perpindahan atau penampilan slide
dilakukan dengan cara mengklik tombol mouse. Atau klik kotak isian Automatically
Rafter jika perpindahan atau penampilan slide dilakukan secara otomatis.
Anda juga dapat menentukan waktu setiap perpindahan atau penampilan slide.
3. Pengaturan Animasi Teks
Efek pada slide
adalah salah satu hal yang penting pada sebuah presentasi. Tujuannya adalah
agar apa yang disampaikan menjadi menarik dan tidak membosankan. Efek yang bisa
diberikan adalah animasi teks dan suara. Langkah-langkah untuk memberikan efek
adalah sebagai berikut.
Klik teks atau garis kotak (area) judul atau sub judul slide.
Klik tab Animations. Tampak grup perintah tab
Animations sebagai berikut.
Klik tombol panah (6) kotak daftar pilihan Animate.
Muncul daftar pilihan Animate.
Pilih dan klik salah satu animasi, misal Fly in.
Klik Custom Animation. Muncul Task Pane
Custom Animation.
Klik tombol perintah Add Effect. Muncul daftar
pilihan Add Effect.
Pilih dan klik animasi efek, misal Fly in.
Klik tombol panah (6) kotak pilihan Start pada bagian
Modify: Blinds.
Muncul daftar pilihan Start.
Pilih dan klik perintah On mouse click, atau With
Previous, atau After Previous untuk menampilkan animasi.
Klik tombol panah (6) kotak pilihan Direction pada
bagian Modify: Blinds. Muncul daftar pilihan Direction.
Pilih dan klik perintah berikut :
o Horizontal : animasi ditampilkan secara horizontal.
o Vertical : animasi ditampilkan secara vertikal.
Klik tombol panah (6) kotak pilihan Speed pada bagian
Modify: Blinds. Muncul daftar pilihan Speed.
Pilih dan klik perintah berikut :
o Very Slow : kecepatan animasi sangat rendah.
o Slow : kecepatan animasi rendah.
o Medium : kecepatan animasi sedang.
o Fast : kecepatan animasi tinggi.
o Very Fast : kecepatan animasi sangat tinggi.
Klik tombol perintah Play untuk menampilkan
animasi yang dipilih.
4. Pengaturan Sound Effect
Sound Effect
adalah efek suara teks atau objek pada saat ditampilkan. Berikut
langkah-langkahnya.
Klik tombol panah (6) daftar animasi teks. Muncul daftar
perintah animasi teks.
Pilih dan klik Effect Option. Muncul kotak
dialog Blinds.
Klik tombol panah (6) Sound. Muncul daftar pilihan Sound.
Pilih dan klik efek sound, misal Drum Roll.
E. MENJALANKAN PRESENTASI
Setelah semua slide
selesai dibuat, jalankan presentasi dengan cara sebagai berikut :
Klik tab menu Slide Show. Tampak grup perintah tab
Slide Show seperti gambar berikut.
Gambar 1.56 Grup perintah tab Slide Show
Klik perintah Start Slide Show berikut :
o From Beginning : Menampilkan slide dari permulaan.
o From Current Slide : Menampilkan slide dimulai dari slide
yang sedang aktif.
o Custom Slide Show : Menampilkan slide yang sedang aktif.
Untuk kembali ke lembar kerja, tekan tombol Esc.
Untuk dapat
menjalankan presentasi dengan cepat dapat dilakukan dengan cara menekan tombol F5
pada keyboard maka presentasi akan berjalan dan tekan Esc untuk mengakhirinya.
F. MENCETAK FILE PRESENTASI
1. Mengatur Halaman
Pada saat membuat
presentasi, ada saatnya kita ingin mengubah lembah kerja atau slide sesuai
dengan kebutuhan. Untuk itu PowerPoint menyediakan fasilitas pengaturan lembar
kerja, yaitu Page Setup. Berikut langkah-langkah penggunaan Page
Setup.
klik tab Design à pilih icon Page Setup ..., kemudian pada layar akan muncul jendela Page
Setup.
Kita dapat mengatur ukuran slide pada kotak Slide
sized for: atau dengan menggunakan kotak Width: (lebar slide)
dan Height: (tinggi slide).
Pada kotak Number slides from: kita dapat
mengatur nomor slide. Jika kita mengetikkan angka 1, maka slide akan
dimulai dari 1. Jika kita mengetikkan angka 2, maka slide akan dimulai
dari 2, begitu seterusnya.
Pada kotak Orientation, kita dapat mengatur
posisi slide, notes, handout, dan outline. Pilihannya
adalah Portait (melebar) atau Landscape (memanjang).
Jika pengaturan sudah selesai, klik OK.
2. Mencetak Printer
Misalkan
presentasi yang kita buat sudah siap dan hendak dicetak. Untuk mencetaknya,
maka lakukan langkah-langkah berikut :
klik tombol office à à .
Atau dapat dilakukan dengan menekan tombol kombinasi di
keyboard Ctrl+P.
Hal-hal yang
perlu untuk diperhatikan pada jendela Print di atas adalah sebagai
berikut :
Kotak Name:, untuk menentukan jenis dan nama printer
yang digunakan.
Kotak Print range:, untukmenentukan slide yang
akan dicetak. Jika semua slide yang akan dicetak, klik All. Jika slide
yang akan dicetak merupakan slide yang muncul pada halaman di layar
monitor, klik Current Slide. Jika hanya akan mencetak slide tertentu
saja, klik Slides. Selanjutnya masukkan nomor slide yang akan
dicetak.
Kotak Number of copies:, untuk menentukan jumlah
pencetakan.
Kotak Print what:, untuk menentukan jenis
pencetakan, sebagai slide, handout, notes pages,
atau outline view. Jika memilih jenis pencetakan
handout, selanjutnya kamu tentukan jumlah slide yang akan dicetak
dalam satu halaman. Kita dapat memasukkan angkanya pada kotak Slides per
page. Kemudian klik Horizontal jika ingin urutan pencetakan secara
horizontal atau klik Vertikal jika ingin urutan pencetakan vertikal.
Pilih Grayscale atau Pure black and white untuk
slide yang akan dicetak.
Klik tombol Preview untuk melihat hasil
pengaturan sebelum dicetak, jika ingin langsung mencetak klik tombol OK atau
Cancel untuk membatalkan.
G. MENJALANKAN PRESENTASI DENGAN LCD PROYEKTOR
Untuk menjalankan
presentasi dengan LCD proyektor, langkah pertama kita harus menghubungkan komputer
dengan proyektor dan pastikan LCD proyektor bisa menerima output yang
dikeluarkan oleh komputer. Sebenarnya cara menjalankan presentasi pada LCD
proyektor sama seperti menjalankannya pada komputer karena proyektor di sini
fungsinya sama dengan monitor, bedanya dengan proyektor presentasi akan lebih
jelas dan layar jauh lebih lebar. Untuk menjalankan presentasi, buka file presentasinya
kemudian tekan tombol F5 di keyboard maka presentasi akan dijalankan.Lengkapnuya Unduh ini
Perintah
|
Fungsi
|