Senin, 13 Mei 2013

Cek SK tunjangan Profesi On Line


Klik disni
Langsung Klik Pada Ganbar Ini ..
SK Belum Keluar Bukan Kiamat
Jakarta (Dikdas): Menanggapi sejumlah guru yang gelisah lantaran namanya belum terjaring dalam aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik) sehingga terancam tak mendapat tunjangan, Sumarna Surapranata, Ph.D., Direktur Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar, mengatakan mereka tak perlu khawatir. Jika data belum terjaring, kemungkinan besar pengisian instrumen pendataan oleh operator sekolah belum lengkap. Maka yang perlu dilakukan adalah melengkapi instrumen pendataan.
“Bagi guru yang tidak keluar SK-nya sekarang, itu bukan kiamat. Silakan melengkapi persyaratan-persyaratan, nanti di tengah jalan akan keluar. Haknya dari bulan Januari tidak hilang,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa 9 April 2013. Setelah data lengkap dan Surat Keputusan (SK) keluar, guru mendapat tunjangan secara rapel tanpa ada pemotongan sepeserpun.
Sumarna mengakui, penjaringan Dapodik belum mencapai 100 persen. Itu terjadi lantaran banyak kendala di lapangan, seperti terbatasnya akses dan jaringan internet di sebuah daerah. Namun jumlahnya kecil, kini sekitar 3,5 persen.
Tapi bukan berarti pihaknya tinggal diam. Selain melalui Dapodik, penjaringan data dilakukan pula dengan pengecekan secara manual. Operator sekolah yang bersangkutan dihubungi baik melalui telepon, pesan layanan singkat, ataupun surat. Kepala sekolah dan dinas pendidikan setempat juga turut dihubungi. Dengan begitu, penjaringan instrumen pendataan akan cepat tuntas.

Atau
 klik aja disin

Data yang Diunggah ke Dapodik Harus Lengkap, Wajar, dan Benar
Jakarta (Dikdas): Tidak tercantumnya nama guru dalam Data Pokok Pendidikan, salah satunya, disebabkan pengisian instrumen data oleh operator sekolah tidak lengkap. Hal demikian diutarakan Supriyatno, S.Pd., M.A, Kepala Sub Bagian Data dan Informasi, Bagian Perencanaan dan Penganggaran, Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menanggapi keluhan sejumlah guru yang namanya belum tercantum dalam Dapodik sehingga khawatir tidak dapat tunjangan.
Seharusnya data yang dimasukkan dalam aplikasi Dapodik lengkap. Jangan sampai ada variabel yang kosong dan terlewat diisi. Jika ada satu saja variabel tak diisi, maka data secara keseluruhan tidak bisa diolah. “Misalnya saya mengajar, tapi rombongan belajarnya (rombel) tidak diisi, bagaimana bukti mengajarnya?” ucapnya.
Data Pokok Pendidikan merupakan program pendataan yang digalang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menjaring tiga entitas data pokok pendidikan di seluruh Indonesia secara individual dan relasional. Tiga entitas data tersebut yaitu peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan (PTK), dan satuan pendidikan. Penjaringan dilakukan secara daring (dalam jaringan—online). Instrumen pendataan pun dapat diunduh dari laman Dapodik. 
Secara teknis, kepala sekolah mengumpulkan instrumen pendataan terkait siswa, guru, dan sekolah. Data tersebut kemudian diserahkan kepada operator yang bertugas mengunggah data ke sistem Dapodik. “Sistemnya bukan individu guru yang mengisi, tapi operator sekolah. Karena yang punya akses, kan, operator,” jelas Supriyatno.
Dari mekanisme itu, Supriyatno menilai, tidak lengkapnya data yang diunggah ke sistem Dapodik merupakan tanggung jawab kepala sekolah. “Mereka tidak aware terhadap pentingnya data harus lengkap, wajar, dan benar,” tegasnya.
Ia mencontohkan pendataan Dapodik di Kebumen dan Indramayu. Tak ada komplain dari kedua kabupaten tersebut lantaran operator menjalankan tugasnya dengan benar. Maka ia berharap kepala sekolah memberi perhatian lebih kepada operator karena tugas mereka lumayan berat. “Sekolah-sekolah yang perhatian terhadap operatornya, operatornya bekerja dengan tenang. Semua variabel datanya dilengkapi. Mereka mulus saja,” ungkapnya.
Namun Supriyatno menggarisbawahi, aplikasi Dapodik tidak menentukan seorang guru mendapat tunjangan atau tidak, melainkan sekadar menyajikan data secara individual dan terelasi dengan sekolah dan rombongan belajar yang diemban/diampu. Dapodik sekadar bahan mentah yang digunakan Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar untuk menyalurkan tunjangan sesuai kriteria dan aturan yang telah ditentukan.
Hingga 11 April 2013 pukul 17.00 WIB, pendataan Dapodik telah berjalan 96,5 persen. Dari total 184.498 SD dan SMP di seluruh Indonesia, 178.049 sekolah telah memasukkan datanya dan sekolah yang belum terjaring berjumlah 6.449. Dua provinsi yaitu Kepulauan Bangka Belitung dan D.I. Yogyakarta telah 100 persen tuntas menjaring Dapodik.
Untuk mengejar ketuntasan pendataan dan meningkatkan kualitas Dapodik, Supriyatno mengerahkan 15 operator pendataan. “Kita banyak fasilitas layanan kepada sekolah agar mereka bisa memperbaiki data secara baik dan cepat,” tegasnya. Fasilitas tersebut di antaranya broadcast, telepon, jejaring sosial Facebook, surat elektronik (email), dan surat pos. Mereka pun siap melayani operator sekolah yang datang ke sekretariat Dapodik.   
Direktur Pembinaan PTK Dikdas Sumarna Surapranata, Ph.D mengatakan, data guru yang mendapatkan tunjangan diambil dari Dapodik. Selain itu, karena pendataan Dapodik belum mencapai 100 persen, maka pendataan dilakukan secara manual. “Yang kita gunakan secara total dengan Dapodik plus manual,” ucapnya.
Pengecekan secara manual dengan menghubungi operator sekolah melalui surat elektronik, pesan layanan singkat, atau surat pos. Pengecekan juga bisa melalui kepala sekolah dan dinas pendidikan setempat.* (Billy Antoro)
(Dirjen Dikdas)

Sabtu, 04 Mei 2013

Kisi-kisi UKA dan UKG 2013


























Selagi Libur Belajar Yuk..

SOAL ULANGAN HARIAN IPS
KELAS IV SEMESTER 2
MATERI : PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

Kalian Boleh Jawab pada kertas selembar kumpulkkan hari jumat, atau boleh juga jawaban di email ke alamat; bahrudincilegon@gmail.com

Pilihalah dengan jawaban yang kamu anggap benar !
 
1. Salah satu kelemahan teknologi produksi masa lalu adalah ….
    a. prosesnya lama                                       c. menimbulkan polusi
    b. menggunakan tenaga mesin                      d. hasilnya jelek

2. Bahan baku pembuatan kertas adalah ….
    a. karet                                                     c. kapas
    b. kayu                                                      d. Bambu

3. Teknologi pertanian masa kini dalam mengolah tanah menggunakan ….
    a. bajak                                                    c. traktor
    b. ani-ani                                                   d. Kerbau

4. Industri tekstil adalah industri yang menghasilkan ….
    a. kain                                                      c. mobil
    b. ban                                                      d. Kertas

5. Gerabah atau tembikar adalah barang-barang yang terbuat dari …
    a. bambu                                                  c. tanah liat
    b. kayu                                                     d. Batu

6. Di bawah ini yang merupakan teknologi komunikasi masa lalu adalah ….
    a. telepon                                                  c. kentongan
    b. HP                                                        d. Televisi

7. Jangkauan komunikasi masa lalu ternyata lebih …. dari jangkauan komunikasi
    masa kini.
    a. dekat                                                    c. cepat
    b. jauh                                                      d. Mahal

8. Kain yang direntangkan berisi slogan, iklan atau berita yang perlu  diketahui
    masyarakat umum disebut ….
    a. spanduk                                                          c. tabloid
    b. poster                                                            d. Pamflet

9. Penemu telepon adalah seorang ilmuwan Skotlandia yang bernama ….
    a. John Logie Baird                                               c. M Glugielmo Marconi
    b. Alexander Graham Bell                                       d. Johannes Gutenberg


10. Berikut ini yang termasuk teknologi komunikasi dengan isyarat adalah ….
     a. faximile                                                          c. E-Mail
     b. rambu-rambu lalu lintas                                     d. Short Message Service  
                                                                             (SMS)


11. Segala sesuatu yang digunakan sebagai alat angkutan disebut sarana ….
     a. komunikasi                                            c. transportasi
     b. produksi                                                d. konsumsi

12. Berikut ini yang tidak termasuk alat transportasi masa lalu adalah ….
     a. andong                                                c. gerobak
     b. bendi                                                   d. Mobil

13. Salah satu kelemahan alat transportasi masa lalu adalah ….
     a. lambat                                                 c. mahal
     b. menimbulkan polusi                                d. rawan kecelakaan

14. Kapal yang dapat berjalan di bawah maupun di permukaan laut adalah       ….
     a. hoverkraf                                              c. kapal selam
     b. kapal feri                                              d. kapal tanker

15. Perusahaan jasa penerbangan milik pemerintah adalah ….
      a. Garuda Indonesia Airlines                        c. Lion Air
      b. Mandala Airlines                                    d. Bouroq Airlines

B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!

1. Pabrik tempat pembuatan kapal laut Indonesia terdapat di kota ….
2. Proses mengolah bahan mentah menjadi barang jadi atau setengah jadi disebut ….
3. Salah satu kelemahan teknologi produksi masa lalu adalah  ….
4. Di masa lalu orang menumbuk padi dengan menggunakan ….
5. Penerbangan untuk melayani daerah-daerah terpencil dengan pesawat terbang relatif
    kecil adalah penerbangan ….
6. Tempat berhentinya kereta api untuk menurunkan dan menaikkan penumpangdisebut
     ….
7. Kelemahan teknologi komunikasi masa lalu adalah ….
8. Pada masa lalu alat transportasi laut masih memanfaatkan tenaga ….
9. Produksi terbesar di daerahku adalah produksi ….
10. Perusahaan pembuat pesawat terbang di Indonesia adalah ….

C. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat!

1. Sebutkan kelebihan dan kelemahan teknologi produksi masa lalu !
2. Sebutkan contoh teknologi transportasi darat masa lalu  dan masa kini
    masing-masing 3!
3. Sebutkan 2 perbedaan teknologi transportasi masa lalu dengan teknologi
    transportasi  masa kini!
4. Sebutkan nama-nama terminal, stasiun, bandara dan pelabuhan yang ada di
    daerahmu !
5. Sebutkan 5 contoh media cetak!

ULANGAN HARIAN MATEMATIKA KELAS 4 SEMESTER II
Materi Pokok : Bilangan Bulat Positif dan Negatif
 
I.         Berilah tanda silang pada jawaban a, b, c, dan d yang benar!
                          1.  Temperatur es -9°C. Kalimat tersebut dibaca….
a. temperatur es 9°C di bawah nol                                                  b. temperatur es 9°C di atas nol                      
c. temperatur es 9°C di tengah nol                                                  d. temperatur es 9°C dari nolnegatif empat 

2. Urutan bilangan bulat dari yang terkecil sampai terbesar berikut ini yang benar adalah…..
a. -5, 1, -7, 2, 10                   b. 10, -7, -5, 2, 1                   c. -7, -5, 1, 2, 10                   d. 1, 2, -5, -7, 10
                 
               3. 5 + (-4) =….
a.  9                                                        b.  -1                                                       c.  -9                                       d.  1 

4. Lawan dari hasil  penjumlahan 6 + (-8) =….
a. - 2                                                       b.  14                                                      c.  2                                         d.  -14      

 5. Mula-mula suhu di suatu ruangan pendingin 15 derajat di bawah nol. Kemudian suhu tersebut dinaikkan 7 derajat. Berapa derajatkah suhu di ruang tersebut sekarang?
a. 5                                                         b. 7                                                        c. 22                                       d. -5

 6. Doni memiliki 12 buah kelereng. Lalu tiga buah kelereng diberikannya kepada Ali. Kalimat matematikanya dapat ditulis…..
a. 12 + 3                                                  b. 12 – 3                                       c. 3 + 12                                 d. 3 - 12

 Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban singkat dan tepat!
  7. Lawan dari -35 adalah….                                                                 
  8.  (-8) + 20 =……..
  9.  (-9) ……..7. Berikan tanda perbandingannya!                             
 10. Ali berjalan -3 langkah.  Artinya Ali berjalan………………..tiga langkah.

Jawablah pertanyaanb-pertanyaan berikut ini!
11. 10 + (-7) =……       Buatlah garis bilangannya!
12. Urutkanlah bilangan  bulat  3,  -25,  7,  -5,  0,  -7,  2,  -8, 12, 18 dari yang terkecil sampai terbesar !
13. Urutkanlah bilangan bulat   6,  -9,  -1,  4,  7,  13,  -15,  20,  -23 dari yang terbesar sampai yang terkecil !   5   6   7  
14.  Buatlah sebuah garis bilangan dan kalimat matematikanya! (bebas tetapi tidak boleh mencontoh pada soal) !
15. Buat  2 Soal Tentang  bilangan bulat beserta jawabannya dan jangan samadengan soal diatas.....

Selamat berlibur... dan manfaakan waktu libur........ dan kunjungi www.duniabelajar.com